Kamis, 21 April 2011

CARA BAYAR PAJAK KENDARAAN RODA 2 DI SAMSAT RAJABASA

Pengalaman Pribadi:
POLISI CANTIK
Hari Kamis, 21 April 2011 (motor mertua ulang tahun) pagi-pagi sekali aye bergegas ke kantor Samsat Rajabasa, kira-kira pukul 07.30 WIB dengan motor sendiri walaupun masih kredit. Sampai di kantor samsat pukul 08.00, cukup pagi memang. Tapi alangkah terkejutnya aye melihat nomor antrian sudah mencapai 53. Kemudian aye mulai menyiapkan berkas-berkas (kalo binggung tanya bagian informasi antrian) untuk mengurus pembayaran pajak kendaraan bermotor; 

Berikut ini langkahnya:
  1. Siapkan BPKB asli, STNK asli, KTP asli
  2. Foto copy semua berkas di atas di tempat foto copy jangan toko besi ye. (dulu kite disuruh untuk membeli Map khusus dari samasat, sekarang nggak lagi)
  3. Setelah selesai foto copy semua berkas distapless (biasanya petugas foto copy sudah menyusunnya)
  4. Langsung masuk kantor samsat, jangan sarapan dulu
  5. Mintalah nomor antrian pada bagian informasi anttrian (berada disebelah kiri pintu masuk)
  6. Setelah itu petugas tersebut akan memberikan nomor antrian dan formulir untuk diisi sesuai data yag ada dii berkas yang kita siapkan (biasanya disediakan contoh yang ditempel untuk cara mengisinya)
  7. Setelah selesai jgn malu2 untuk bertanya pada petugas apakah berkas ente lengkap atau belum; jika sudah lengkap masukan ke loket 1A (panggilan nomor antrian biasanya diabaikan).
  8. Petugas akan memberikan nomor anttrian anda yang sudah dicek/sahkan, selanjutnya menuju ke loket 2A (mohon untuk antri; dan menunggu sebentar karena akan dipanggil sesuai nama wajib pajak. (kira2 10 menit)
  9. Setelah ente dipanggil kemudian diberikan STNK yang ada nominalnya, dan langsung saja menuju cassa/loket bayar sesuai beban wajib pajak.
  10. Setelah bayar anda diberikan kertas bukti pembayaran dan nomor undian; dibalik kertas tersebut mohon dituliskan nama wajib pajak, alamat dan nomor telephone. usahakan membawa ballpoint sendiri dari rumah.
  11. Setelah diisi masukan ke loket di samping pengambilan STNK. Tunggu sekitar 15 menit maka ente akan dipanggil sesuai dengan nama wajib pajak.
  12. Periksa kembali berkas-berkas ente jangan sampai ada yang salah atau tertinggal
  13. Bawalah motor ente pulang. dan selesai.
Nggak repot kan kalo kite mau memotong jalur nepotisme, kolusi dan korupsi dari yangg kecil-kecilan dulu.

Demikianlah pengalaman aye, semoga bisa membantu saudare, tetangge, apalagi orang banyak.

1 komentar:

  1. gimana kalo cara bayar pajak yang udah telat 8thn, kan lagi ada pemutihan sekarang ?

    BalasHapus