Selasa, 05 Juli 2011

METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (Research and Development/R&D)

Sulitnya mencari buku Tentang Penelitian Pengembangan:

METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
(Research and Development/R&D)

A.       Pengertian
Metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa Inggrisnya Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut.
Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi di masyarakat luas, rnaka diperlukan penelitian untuk menguji keefektifan produk tersebut. Jadi penelitian dan pengembangan bersifat longitudinal (bertahap bisa multy years). Penelitian Hibah Bersaing (didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi), adalah penelitian yang menghasilkan produk, sehingga metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan.
Metode penelitian dan pengembangan telah banyak digunakan pada bidang-bidang Ilmu Alam dan Teknik. Hampir semua produk teknologi, seperti alat-alat elektronik, kendaraan bermotor, pesawat terbang, kapal laut, senjata, obat-obatan, alat-alat kedokteran, bangunan gedung bertingkat dan alat-alat rumah tangga yang modern diproduk dan dikembangkan melalui penelitian dan pengembangan. Namun demikian metode penelitian dan pengembangan bisa juga digunakan dalam bidang ilmu-ilmu sosial seperti psikhologi, sosiologi, pendidikan, manajemen, dan Iain-lain
Penelitian dan pengembangan {research & development) pada industri merupakan ujung tombak dari suatu industri dalam menghasilkan produk-produk baru yang dibutuhkan oleh pasar. Hampir 4% biaya yang digunakan untuk penelitian dan pengembangan, bahkan untuk industri farmasi dan komputer lebih dari 4% (Borg and Gall). Dalam bidang sosial dan pendidikan peranan research and development masih sangat kecil, dan kurang dari 1% dari biaya pendidikan secara keseluruhan. Unfortunately, R&D still plays a minor role in education. Less than one percent of education expenditures are for this purpose. This is probably one of the main reason why progress in education has lagged far behind progress in other field.
Penelitian dan pengembangan yang menghasilkan produk tertentu untuk bidang administrasi, pendidikan dan sosial lainnya masih rendah. Padahal banyak produk tertentu dalam bidang pendidikan dan sosial yang perlu dihasilkan melalui research dan developmet. Pada kesempatan ini hanya diberikan contoh metode penelitian dan pengembangan yang dapat digunakan untuk penelitian sosial, khususnya manajemen.
B.   Langkah-langkah Penelitian dan Pengembangan
Langkah-langkah peneltian dan pengembangan ditunjukkan pada gambar 16.1 berikut. Berdasarkan gambar 16.1 tersebut dapat diberikan penjelasan sebagai berikut.


4 komentar:

  1. walaupun di bidang pendidikan peranan Research and Development sangat kecil...
    mungkin bisa dicontohkan sedikit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. THNK GAN COMENNYA....
      DARI YANG SEDIKIT AKAN JADI BUKIT....

      Hapus
  2. apakah metode ini cocok untuk perancangan sistem informasi biaya jaminan kesehatan bagi karyawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang inilah langkah2nya, akan berbeda di bagian desain produk...akan dicocokkan dengan teorinya para ahli misal untuk pendidikan dick & carry, ADDIE, Versi Kemp (http://berbahasa-bersastra.blogspot.com/2011/10/metode-penelitian-research-and.html. selamat berinovasi, thanks dah mampir

      Hapus